4 Kendala Ternak Ayam yang Harus Diwaspadai

Kendala Ternak Ayam

Ternak ayam menjadi salah satu bisnis yang banyak diminati. Kebutuhan akan daging ataupun telur ayam menjadikan bisnis ini akan tetap menarik untuk digeluti. Meski menguntungkan namun risiko dan tantangan yang harus Anda hadapi pun cukup besar yaitu kematian. Oleh sebab itu agar tidak mengalami kematian Anda harus tahu bagaimana cara  merawat ayam dengan baik. Salah satu caranya adalah menghindari berbagai macam hambatan dalam melakukan ternak. Berikut ini adalah beberapa hambatan atau kendala dalam bisnis ternak ayam yang harus Anda waspadai:

Nafsu Makan yang Tidak Stabil

Setiap makhluk hidup memiliki nafsu makan yang berubah-ubah. Kadang meninggi dan juga menurun.  Nafsu makan yang tidak stabil tersebut harus diketahui penyebabnya agar tidak menimbulkan masalah ke depannya. Makanan adalah salah satu faktor keberhasilan dalam menggeluti bisnis ini, sehingga jika nafsu makannya tidak stabil ayam akan memiliki sistem imun yang lemah sehingga mudah terkena berbagai macam penyakit. Agar nafsu makan ayam menjadi stabil kembali, lakukanlah beberapa hal berikut ini:

Baca juga : https://www.ams.usda.gov/market-news/livestock-poultry-grain

Ransum yang Segar

Cara mengatasi nafsu makan ayam yang tidak stabil bisa dengan memberikan ransum yang segar. Maksudnya adalah jangan membiarkan ransum makanan terlalu lama tertahan di dalam kandang ayam, oleh sebab itu biasakan setiap jamnya ransum makanan tersebut diganti.

Bersihkan Kandang

Salah satu penyebab mengapa nafsu makan ayam menjadi menurun adalah kandang yang berbau tengik, sehingga yang harus Anda lakukan adalah jangan memberikan ransum makanan dalam jumlah yang berlebihan. Ransum yang berlebihan akan membuat makanan tersebut tersisa di dalam kandang dan menyebabkan bau tengik. Membersihkan kandang menjadi salah satu cara untuk membuat nafsu makan ayam menjadi stabil kembali.

Kandang Terlalu Sumpek

Untuk membuat nafsu makan ayam menjadi stabil kembali Anda bisa memberikan ruang pada kandang ayam Anda. Ayam yang berdesakan di dalam kandang akan membuat oksigen menjadi berkurang sehingga membuat nafsu makan ayam menjadi menurun.

Kadar Amonia Tinggi

Hambatan dalam ternak ayam yang harus Anda waspadai adalah kadar amonia yang tinggi. Apa itu kadar amonia?, amonia adalah feses dan urine ayam yang terakumulasi kemudian membentuk gas konsentrat yang tinggi.  Sirkulasi udara yang kurang sempurna di dalam kandang bisa menyebabkan kadar tersebut tinggi dan menyebabkan penyakit pada ayam. Ciri ayam yang mengalami kadar amonia tinggi adalah matanya berair, kelopak matanya selalu lengket dan ayam tersebut akan menggosok matanya menggunakan sayapnya. Untuk bisa menghindari kadar amonia yang tinggi Anda harus membersihkan kandang secara teratur, pembersihan kandang saja tidak bisa cukup untuk membuat ayam terbebas dari bahaya amonia namun juga harus menggunakan  desinfektan. Feses di dalam kandang yang sudah menumpuk harus  segera dibuang dan dibersihkan ke tempat penampungan limbah ayam.

Penyakit

Kendala atau hambatan dalam beternak ayam adalah penyakit. Ayam adalah makhluk hidup yang rentan sekali terkena penyakit oleh sebab itu Anda harus menghindarkan ayam dari penyakit-penyakit tersebut.  Cara untuk menghindarkan ayam dari berbagai macam penyakit adalah menjaga nutrisi makanan, memberikan vaksin dan vitamin secara teratur dan masih banyak lagi lainnya.

Harga Pakan yang Meningkat

Hambatan dalam ternak ayam adalah harga pakan yang meningkat. Di waktu-waktu tertentu pakan ayam akan mengalami peningkatan sehingga akan membuat biaya operasional pada peternakan Anda menjadi meningkat.

Menggeluti bisnis peternakan memang bukan hal yang mudah, namun juga tidak sulit jika Anda tahu bagaimana caranya. Hindarilah beberapa hambatan atau kendala dalam ternak ayam yang sudah dijelaskan di atas untuk membuat bisnis Anda berjalan dengan lancar bahkan menghasilkan profit.

Ingin tahu mendapatkan pakan ayam berkualitas? Klik Disini